Jumat, 05 Oktober 2012

Cara Kerja Jaringan Wireless



Bagaimana Cara Kerja Wireless atau NirkabelJaringan Wireless atau Nirkabelbekerja menggunakan gelombang radio sebagai pengganti cable untuk mengirimkan dan menerima data antara computer.

Bagaimana prinsip dasar Wireless?
Tentu Anda tahu bahwa Computer dalam melakukan pengiriman data digital dengan memanfaatkan prinsip binary : Satu dan Nol.  Cara berkomunikasi ini dapat diterjemahkan dengan baik dalam gelombang radio, karena computer dapat mengirimkan Satu dan Nol sebagai berbagai jenis bunyi Bip. Suara berbunyi Bip ini berjalan begitu cepatnya sehingga tidak akan terjangkau oleh sistem pendengaran manusia.


Jadi bagaimana cara kerja data dapat dikirimkan melalui gelombang radio – wireless?

Cara kerjanya sangat mirip sekali seperti Kode Morse, Tahu Kode Morse kan? Anda mungkin sudah tahu bahwa Kode Morse adalah cara untuk mewakili Huruf Alfabet sehingga dapat dikirim melalui Radio menggunakan Titik (Bip Pendek) dan Jeda (Jeda Panjang).  Hal ini sudah digunakan secara manual selama bertahun tahun lamanya dan menjadi cara yang bagus untuk dapat mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain dengan ditemukannya Telegraf.


Jadi bagaimana gambaran ringkasnya Wireless?
Secara ringkasnya, begini: Bayangkan saja, ada jaringan Wireless – Nirkabel untuk mengirimkan Kode Morse melalui Computer. Lalu di sisi penerima ada alat receiver yang harus melalui pemancar radio. Melalui alat alat tersebut Computer dapat mengirimkan data setara Titik dan Garis sehingga data dapat terkirim dari satu tempat ke tempat yang lainnya.


Jadi bagaimana computer dapat mengirimkan data dengan sistem wireless?

Teknologi Wireless ini adalah memanfaatkan Frekuensi yang sangat tinggi, yang akan memungkinkan pengiriman data yang banyak dalam satuan per detik. Umumnya koneksi Wireless menggunakan Frekuensi 2.4 Ghz ( 2400000000 siklus per detik ). Walaupun Frekuensi tinggi yang digunakan tapi panjang gelombangnya harus sangat pendek sehingga jaringan Wireless akan bekerja dalam coverage area yang terbatas.

Kalau banyak pengguna frekuensi untuk wireless bagaimana efeknya?

Teknologi Wireless ini menggunakan teknik yang dikenal sebagai Frekuensi Hopping. Terdapat puluhan Frekuensi yang dapat digunakan dalam suatu coverage area tertentu yang dapat digunakan berpindah pindah diantara puluhan Frekuensi tersebut. Cara ini membuat jaringan Wireless tidak rentan oleh adanya Interferense dari sinyal Radio Frekuensi lainnya, bila dibandingkan kita hanya memanfaatkan satu frekuensi yang sama terus menerus.


Apakah pemasangan wireless dengan pabrikan dari perusahaan yang berbeda dapat dilakukan?
Tentu dapat. Karena setiap pabrikan yang mengeluarkan produk wireless harus memenuhi standard yaitu standard 802.11 yang diatur oleh IEEE (Institue of Electrical and Electronics Engineers). Dengan adanya standard ini maka jaringan Wireless dapat digunakan semua orang dengan sangat mudahnya dan dengan biaya yang murah yang sudah dapat digunakan saat ini.

From source : http://www.boykepriutama.com/bagaiamana-cara-kerja-wireless/

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

Pengikut

Video Streaming

 

ramamuare Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha